Situs Resmi Kelurahan Abianbase, Badung

Wilayah Administrasi


Kelurahan Abianbase merupakan wilayah penyangga Pusat Pemerintah Kabupaten Badung “Mangupraja  Mandala” yang terletak di wilayah Kecamatan Mengwi Kabupaten Badung, secara geografis memiliki batas wilayah sebagai berikut :

  • sebelah utara berbatasan dengan Kelurahan Kapal ;
  • sebelah timur berbatasan dengan Kelurahan Lukluk ;
  • sebelah selatan berbatasan dengan Desa Dalung, Desa Buduk ;
  • sebelah barat berbatasan dengan Desa Kekeran,

dengan luas wilayah ±401 Ha, bercirikan masyarakat agraris yang mana sebagian besar wilayahnya merupakan lahan pertanian basah, dan sebagian lainnya meliputi pemukiman, perkantoran, kuburan dan prasarana lainnya.

Ditinjau dari potensi kependudukan/demografi, sampai saat ini tercatat jumlah penduduk sebanyak 5.787 orang, terdiri dari 2.826 orang laki-laki dan 2.961 orang perempuan, dengan jumlah kepala keluarga sebanyak 1.357 KK. Mata pencaharian penduduk sebagian besar adalah bertani/ternak, dan sebagian lainnya adalah wiraswasta, PNS dan karyawan swasta. Sedangkan dari segi pendidikan yang berhasil ditamatkan tercatat tamat SD/sederajat sebanyak 681 orang, tamat SMP/sederajat sebanyak 444 orang, tamatan SMA sederajat sebanyak 827 orang, tamat Diploma I sampai dengan Diploma III sebanyak 301 orang, tamat Sarjana/sederajat (S1,S2,S3) sebanyak 475  orang.

 

Secara administratif Kelurahan Abianbase terdiri dari 13 Lingkungan yaitu :

  1. Lingkungan Semate
  2. Lingkungan Gaduh
  3. Lingkungan Dangin Yeh
  4. Lingkungan Sengguan
  5. Lingkungan Gede
  6. Lingkungan Cica
  7. Lingkungan Pasekan
  8. Lingkungan Jeroan
  9. Lingkungan Tengah
  10. Lingkungan Delod Pempatan
  11. Lingkungan Kebayan
  12. Lingkungan Dukuh
  13. Lingkungan Bebengan,

dan tiga Desa Adat dibawah koordinasi Pemerintah Kelurahan antara lain : Desa Adat Semate, Desa Adat Abianbase dan Desa Adat Tangeb.

 




Lurah Abianbase
I Dewa Gede Rai Wijaya, S.STP
Pengaduan Masyarakat