Situs Resmi Kelurahan Abianbase, Badung

Komitmen Amankan Pilkada Badung Ormas, Pemerintah dan Polri Gelar Deklarasi Damai

14 October 2015


Mangupura - Untuk menjadikan Pilkada serentak 9 Desember 2015 ini berjalan damai serta aman, Selasa (6/10) sejumlah Organisasi masyarakat (ormas) yang ada di kabupaten Badung bersama pemerintah dan Polri melakukan penandatanganan Deklarasi Pilkada damai. Bahkan dalam acara deklarasi damai tersebut para anggota ormas seperti Baladika serta Pemuda Bali Bersatu (PPB). Linmas dan TNI/Polri menggelar upacara pengamanan bersama di Lapangan Umum Mengwi.

Hadir dalam kegiatan terbut, Penjabat Bupati Badung, Ir. Nyoman Harry Yudha Saka, Kapolres Badung, AKBP Tony Binsar M., Dandim Badung, Letkol. Inf. Teddy Arifianto, sejumlah forum pimpinan SKPD Badung, Perbekel /lurah se Kecamatan Mengwi dan Ribuan Linmas se-kabupaten Badung.

Kapolres Badung, AKBP Tony Binsar mengatakan, kegiatan deklarasi damai antar Ormas di Kabupaten Badung ini adalah bagian dari sinergitas pihak pengaman dengan masyarakat agar Pilkada di badung menjadi aman dan damai. “Ini artinya kita mengajak rekan-rekan ormas untuk bersama mewujudkan Pilkada yang tertib dan aman , sesuai dengan visi dan misi ormas tersebut yakni kebersamaan untuk menjaga keharmonisan diantara perbedaan yang ada dengan ormas lain,”paparnya.

Lebih lanjut Binsar mengatakan, saat ini petugas intelejen babinkantibmas telah bersinergi bersama dengan forum intelejen daerah untuk terus melakukan kegiatan-kegiatan deteksi dini serta melakukan penyuluhan kepada seluruh komponen masyarakat.

“Kami juga mengimbau agar seluruh warga tidak terprovokasi dengan masukan berbagai pihak. Kawasan rawan yang perlu di perhatikan disini adalah kecamtan Abiansemal dan Mengwi, karena jumlah pemilih disana cukup banyakdibanding dengan kecamatan lain,” ungkapnya.

Ia juga mengatakan, jika nanti ada ormas yang melanggar kesepakatan ini jelas akan ada saksi hukum dan dalam penindakannya juga tidak akan pandang bulu. “Optimalisasi pengamanan nanti di Linmas. Linmas adalah perpanjang tanganandari Polri mereka langsung nantinya ikut mengamankan di TPS-TPS dan kami juga ikut mem-back up-nya,” ujar Binsar


Sementara penjabat Bupati Badung, Nyoman Harry Yudha Saka mengatakan, pihaknya mengapresiasi dengan adanya kegiatan ini . “ Hal ini adalah bagian dari sinergitas pemerintah, TNI/Polri dan masyarakat. Masyarat dan ormas ini diharapkan menghasilkan ikut menjaga kemanan sehingga Pilkada serentak ini bisa berjalan lancar,”ujarnya.


Terkait netralitas PNS dalam Pilkada ini, Yudha Saka mengatakan, apa bila PNS terlibat dalam politik praktis pihaknya pun akan mengambil tindakan tegas sesuai aturan yang berlaku. “Apa bila ditemukan pasti kami akan proses,”terangnya .

Sumber : http://badungkab.go.id/

 



Lurah Abianbase
I Dewa Gede Rai Wijaya, S.STP
Pengaduan Masyarakat